Banyaknya isu yang beredar mengenai ketidakpastian gaji PNS (Pegawai Negeri Sipil) di tahun 2016 sempat menimbulkan keresahan dikalangan PNS. Sehingga informasi yang akurat mengenai kenaikan gaji PNS 2016 merupakan informasi yang selalu ditunggu-tunggu oleh para PNS. Sebelumnya sempat beredar isu dikalangan PNS yang diyakini berasal dari internal Wakil Rakyat Senayan, bahwa Indonesia sedang mengalami defisit anggaran negara yang dapat membuat ASN (Aparatur Sipil Negara) yaitu PNS gajinya batal cair. Namun isu ini segera diklarifikasi oleh MenPAN-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) yang mengatakan bahwa isu tersebut tidak benar.
Hal ini terjadi mengingat gaji PNS merupakan pengeluaran rutin negara yang sudah dimasukkan kedalam APBN, sehingga dapat dipastikan bahwa PNS tetap menerima gaji. Sedangkan mengenai Gaji PNS ke-13, dijelaskan bahwa gaji PNS ke-13 juga sudah dimasukkan kedalam APBN. Kenaikan gaji PNS dilakukan secara berkala, sedangkan gaji ke-13 merupakan pengeluaran rutin negara tiap tahun.
Gaji Ke-13 dan Ke-14 PNS
Gaji PNS ke-13 dan 14 dalam Satu Tahun via murianews.com
Pemerintah melalui Kemenkeu (Kementerian Keuangan) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan aparatur pemerintah dengan tetap memperhatikan tingkat inflasi. Salah satu cara yang digunakan untuk memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik adalah dengan memberikan THR (Tunjangan Hari Raya) bagi PNS.
Pemerintah memastikan bahwa seluruh PNS akan memperoleh THR pada tahun 2016, selain gaji ke-13 yang biasa diperoleh setiap tahun dan dicairkan pada pertengahan tahun. Sehingga gaji take home pay para abdi negara akan mengalami peningkatan mulai 2016. Selain itu, peniadaan kenaikan gaji setiap tahun dan memilih memberikan THR karena alasan efisiensi dan untuk menghindari risiko kekurangan dana di PT Taspen (Persero).
Sebelum membahas gaji bulanan PNS tahun 2016, sebaiknya perhatikan tabel gaji PNS tahun 2015 berikut ini:
MKG |
GOLONGAN I |
|||
A |
B |
C |
D |
|
0 |
1.486.500 |
|||
1 |
||||
2 |
1.533.400 |
|||
3 |
1.623.400 |
1.692.100 |
1.763.600 |
|
4 |
1.581.700 |
|||
5 |
1.674.500 |
1.745.400 |
1.819.200 |
|
6 |
1.631.500 |
|||
7 |
1.727.300 |
1.800.300 |
1.876.500 |
|
8 |
1.682.900 |
|||
9 |
1.781.700 |
1.857.000 |
1.935.600 |
|
10 |
1.735.900 |
|||
11 |
1.837.800 |
1.915.500 |
1.996.500 |
|
12 |
1.790.500 |
|||
13 |
1.895.700 |
1.975.800 |
2.059.400 |
|
14 |
1.846.900 |
|||
15 |
1.955.400 |
2.038.100 |
2.124.300 |
|
16 |
1.905.100 |
|||
17 |
2.016.900 |
2.102.300 |
2.191.200 |
|
18 |
1.965.100 |
|||
19 |
2.080.500 |
2.168.500 |
2.260.200 |
|
20 |
2.027.000 |
|||
21 |
2.146.000 |
2.236.800 |
2.331.400 |
|
22 |
2.090.800 |
|||
23 |
2.213.600 |
2.307.200 |
2.404.800 |
|
24 |
2.156.700 |
|||
25 |
2.283.300 |
2.379.900 |
2.480.500 |
|
26 |
2.224.600 |
|||
27 |
2.355.200 |
2.454.800 |
2.558.700 |
MKG |
Golongan II |
|||
A |
B |
C |
D |
|
0 |
1.926.000 |
|||
1 |
1.956.300 |
|||
2 |
||||
3 |
2.017.900 |
2.103.300 |
2.192.300 |
2.285.000 |
4 |
||||
5 |
2.081.500 |
2.169.500 |
2.261.300 |
2.357.000 |
6 |
||||
7 |
2.147.000 |
2.237.900 |
2.332.500 |
2.431.200 |
8 |
||||
9 |
2.214.700 |
2.308.300 |
2.406.000 |
2.507.800 |
10 |
||||
11 |
2.284.400 |
2.381.100 |
2.481.800 |
2.586.700 |
12 |
||||
13 |
2.356.400 |
2.456.000 |
2.559.900 |
2.668.200 |
14 |
||||
15 |
2.430.600 |
2.533.400 |
2.640.600 |
2.752.300 |
16 |
||||
17 |
2.507.100 |
2.613.200 |
2.723.700 |
2.838.900 |
18 |
||||
19 |
2.586.100 |
2.695.500 |
2.809.500 |
2.928.300 |
20 |
||||
21 |
2.667.500 |
2.780.400 |
2.898.000 |
3.020.600 |
22 |
||||
23 |
2.751.600 |
2.867.900 |
2.989.300 |
3.115.700 |
24 |
||||
25 |
2.838.200 |
2.958.300 |
3.083.400 |
3.213.800 |
26 |
||||
27 |
2.927.600 |
3.051.400 |
3.180.500 |
3.315.100 |
28 |
||||
29 |
3.019.800 |
3.147.600 |
3.280.700 |
3.419.500 |
30 |
||||
31 |
3.114.900 |
3.246.700 |
3.384.000 |
3.527.200 |
32 |
||||
33 |
3.213.000 |
3.348.900 |
3.490.600 |
3.638.200 |
GAJI PNS GOLONGAN III TAHUN 2015
MKG |
Golongan III |
|||
A |
B |
C |
D |
|
0 |
2.456.700 |
2.560.600 |
2.668.900 |
2.781.800 |
1 |
||||
2 |
2.534.000 |
2.641.200 |
2.752.900 |
2.869.400 |
3 |
||||
4 |
2.613.800 |
2.724.400 |
2.839.700 |
2.959.800 |
5 |
||||
6 |
2.696.200 |
2.810.200 |
2.929.100 |
3.053.000 |
7 |
||||
8 |
2.781.100 |
2.898.700 |
3.021.300 |
3.149.100 |
9 |
||||
10 |
2.868.700 |
2.990.000 |
3.116.500 |
3.248.300 |
11 |
||||
12 |
2.959.000 |
3.084.200 |
3.214.700 |
3.350.600 |
13 |
||||
14 |
3.052.200 |
3.181.300 |
3.315.900 |
3.456.200 |
15 |
||||
16 |
3.148.300 |
3.281.500 |
3.420.300 |
3.565.000 |
17 |
||||
18 |
3.247.500 |
3.384.900 |
3.528.100 |
3.677.300 |
19 |
||||
20 |
3.349.800 |
3.491.500 |
3.639.200 |
3.793.100 |
21 |
||||
22 |
3.455.300 |
3.601.400 |
3.753.800 |
3.912.600 |
23 |
||||
24 |
3.564.100 |
3.714.900 |
3.872.000 |
4.035.800 |
25 |
||||
26 |
3.676.400 |
3.831.900 |
3.994.000 |
4.162.900 |
27 |
||||
28 |
3.792.100 |
3.952.600 |
4.119.700 |
4.294.000 |
29 |
||||
30 |
3.911.600 |
4.077.000 |
4.249.500 |
4.429.300 |
31 |
||||
32 |
4.034.800 |
4.205.400 |
4.383.300 |
4.568.800 |
33 |
MKG |
GOLONGAN IV |
||||
A |
B |
C |
D |
E |
|
0 |
2.899.500 |
3.022.100 |
3.149.900 |
3.283.200 |
3.422.100 |
1 |
|||||
2 |
2.990.800 |
3.117.300 |
3.249.100 |
3.386.600 |
3.529.800 |
3 |
|||||
4 |
3.085.000 |
3.215.500 |
3.351.500 |
3.493.200 |
3.641.000 |
5 |
|||||
6 |
3.182.100 |
3.316.700 |
3.457.000 |
3.603.300 |
3.755.700 |
7 |
|||||
8 |
3.282.400 |
3.421.200 |
3.565.900 |
3.716.700 |
3.874.000 |
9 |
|||||
10 |
3.385.700 |
3.528.900 |
3.678.200 |
3.833.800 |
3.996.000 |
11 |
|||||
12 |
3.492.400 |
3.640.100 |
3.794.100 |
3.954.600 |
4.121.800 |
13 |
|||||
14 |
3.602.400 |
3.754.700 |
3.913.600 |
4.079.100 |
4.251.600 |
15 |
|||||
16 |
3.715.800 |
3.873.000 |
4.036.800 |
4.207.600 |
4.385.600 |
17 |
|||||
18 |
3.832.800 |
3.995.000 |
4.164.000 |
4.340.100 |
4.523.700 |
19 |
|||||
20 |
3.953.600 |
4.120.800 |
4.295.100 |
4.476.800 |
4.666.100 |
21 |
|||||
22 |
4.078.100 |
4.250.600 |
4.430.400 |
4.617.800 |
4.813.100 |
23 |
|||||
24 |
4.206.500 |
4.384.400 |
4.569.900 |
4.763.200 |
4.964.700 |
25 |
|||||
26 |
4.339.000 |
4.522.500 |
4.713.800 |
4.913.200 |
5.121.100 |
27 |
|||||
28 |
4.475.700 |
4.665.000 |
4.862.300 |
5.068.000 |
5.282.300 |
29 |
|||||
30 |
4.616.600 |
4.811.900 |
5.015.400 |
5.227.600 |
5.448.700 |
31 |
|||||
32 |
4.762.000 |
4.963.400 |
5.173.400 |
5.392.200 |
5.620.300 |
33 |
Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dengan memberikan THR pada seluruh PNS sebagai pengganti dihapuskannya kenaikan gaji PNS tahun 2016 yang biasa diperoleh setiap tahun karena mengikuti laju inflasi. Dengan demikian, gaji pokok PNS tahun 2016 akan tetap sama dengan gaji PNS tahun 2015, sama seperti gambar di atas, sesuai dengan golongan dan masa kerja masing-masing PNS.
Sehingga dalam RAPBN tahun 2016, sudah tidak ada kenaikan gaji pokok bagi PNS. Namun sebagai kompensasinya, tahun 2016 PNS akan mendapatkan gaji sebanyak 14x dalam setahun (12 bulan). Sebab, setelah menerima gaji ke-13, mereka juga akan mendapatkan THR.
THR tidak hanya diberikan pemerintah kepada PNS aktif tetapi juga kepada PNS non aktif atau pensiunan. Besarnya THR adalah 1x gaji pokok bagi PNS/TNI/Polri, dan 50% gaji pokok bagi pensiunan. Sementara pencairannya, THR dicairkan menjelang Lebaran dengan tujuan membantu meringankan pengeluaran PNS dalam merayakan hari raya Idul Fitri. Sedangkan gaji ke-13 dicairkan ketika musim pendaftaran siswa baru sekolah di bulan Juni atau Juli dengan tujuan membantu meringankan beban PNS dalam mendaftarkan anak masuk sekolah.
Apakah Kebijakan THR Berlangsung Seterusnya?
Kebijakan Berlaku Sementara via teropongbisnis.com
Pemerintah menyatakan, kebijakan pemberian THR hanya berlaku sementara, yaitu tahun 2016, kemudian kebijakan ini akan dievaluasi. Apabila dirasa lebih bermanfaat, maka kebijakan ini akan terus dipakai untuk tahun-tahun selanjutnya dengan persetujuan dari DPR RI.
Tidak hanya gaji ke-13 dan THR yang menjadi tambahan penerimaan PNS, masih ada tunjangan yang akan diberikan kepada PNS, seperti: tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan. Bahkan, pada tahun 2018 pemerintah berencana menaikkan gaji pokok PNS hingga 14,3 juta per bulan sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab dan resiko pekerjaannya.
Mengapa Gaji PNS Tiap Daerah Berbeda-Beda di Tahun 2016
Kebijakan Berbeda di Setiap Daerah via kemenag.go.id
Konsekuensi dari Undang-Undang ASN yang diterapkan pemerintah adalah berubahnya sistem penggajian yang selama ini sudah berjalan cukup lama. Berdasarkan Undang-Undang ASN tersebut, komponen penghasilan ASN terdiri dari gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan.
Gaji pokok merupakan komponen penghasilan ASN yang besarnya sama dalam pangkat, golongan, dan masa kerja, tanpa memandang daerah/tempat ASN bekerja. ASN dengan pangkat, golongan, dan masa kerja yang sama, di manapun dia bekerja, di Jakarta, Papua, Maluku, Aceh, Jawa, di manapun, gaji pokoknya sama. Tidak ada perbedaan.
Sedangkan tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan nilainya akan berbeda-beda tergantung di mana ASN bekerja dan di instansi mana ASN ditempatkan. Kedepannya, akan dibuat cluster-cluster untuk masalah ini dan cluster-cluster tersebut disusun berdasarkan rayon dengan mempertimbangkan Pendapatan Asli Daerah, tingkat kemahalan, dan jumlah penduduk.
Jika RPP sistem penggajian sudah selesai paling lambat Desember 2015, maka ada kemungkinan sistem penggajian yang baru akan mulai diterapkan bulan Januari 2016, tetapi mungkin juga akan mulai diterapkan tahun 2017. Jadi, diterapkan tahun 2016 atau 2017, semuanya tergantung finalisasi dari RPP ini.
Sistem penggajian baru tersebut mengandung resiko yang harus diantisipasi. Resiko inilah yang masih dibahas oleh kementerian/lembaga terkait. Dengan adanya sistem penggajian baru ini, maka penghasilan dari ASN akan terus meningkat. Meningkatnya penghasilan ini pasti akan mempengaruhi APBN dan APBD. Untuk daerah dengan APBD yang besar seperti DKI Jakarta mungkin tidak ada masalah. Tetapi untuk daerah lain dengan APBD yang kecil, RPP penggajian yang baru dapat menimbulkan masalah dengan adanya kenaikan penghasilan ASN.
Selain masalah APBD, besarnya gaji yang berbeda-beda di tiap daerah juga akan meningkatkan kemungkinan permintaan pegawai yang pindah. Kemungkinan akan ada banyak PNS daerah dengan penghasilan kecil yang mengajukan pindah ke daerah lain yang penghasilannya lebih besar. Hal ini harus diantisipasi agar daerah yang ditinggal tidak kekurangan pegawai. Sudah manusiawi jika seorang ASN ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar.
Selain masalah penggajian, kabar gembira lainnya untuk PNS adalah adanya wacana jaminan kerja, jaminan kecelakaan, dan jaminan kematian bagi ASN. Ketiga jaminan sosial tersebut sesuai dengan Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (JSN). Dengan adanya UU JSN, seluruh warga Indonesia berhak mendapatkan jaminan sosial, di samping BPJS.
Gaji Terendah dan Tertinggi PNS di RPP Sistem Penggajian Tunggal
Gaji Terendah dan Tertinggi PNS via klimg.com
Salah satu RPP yang paling ditunggu adalah mengenai sistem penggajian ASN yang baru. RPP Gaji ASN 2015 akan menggantikan sistem penggajian yang lama.Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Sistem Penggajian akan mendorong tingkat kesejahteraan PNS. Karena menurut MenPAN-RB, seluruh komponen gaji akan mengalami peningkatan. Struktur gaji ASN hanya terdiri dari 3 komponen, yaitu: gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan kemahalan. Gaji pokok ASN semuanya sama dan tidak ada bedanya antar intansi pusat maupun daerah. Yang menjadi pembeda adalah tunjangan kemahalan dan tunjangan kinerja.
Sistem penggajian tunggal (single salary system) rencananya akan diberlakukan bagi PNS, namun penerapannya masih dibahas KemenPAN-RB dan Kemenkeu. Sistem ini dianggap lebih memihak PNS karena bersandar pada standar kelayakan hidup. Dengan adanya RPP tentang Sistem Gaji, seorang ASN akan memperoleh gaji terendahnya (plus tunjangan) sekitar Rp3 jutaan (golongan 1A) dan tertinggi sekitar Rp50 juta. Namun, jika sistem baru belum diberlakukan tahun 2016, otomatis sistem lama berlaku.
Sistem penggajian tunggal berdasarkan bobot atau grade (nilai) terhadap kinerja jabatan. Berbeda dari sistem penggajian yang berlaku saat ini, berdasarkan jabatan, kinerja, grade dan step. Total penghasilan PNS berdasarkan penilaiannya mulai dari grade 1 hingga grade 17 dan untuk golongan mulai dari step 1 hingga step 10. Tiap grade dan step akan meningkatkan besaran gaji dari hasil kinerja seorang PNS. Jadi PNS yang menginginkan gaji besar harus lebih giat dan semangat dalam bekerja. Jika kinerjanya baik, maka gajinya tinggi, begitu pula sebaliknya.
Diharapkan Kualitas Meningkat
Demikian ulasan mengenai gaji PNS di tahun 2016. Terlepas ada kenaikan gaji atau tidak, berapa total gaji take home pay yang diterima, jangan pernah menurunkan pelayanan kepada masyarakat. Terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena PNS adalah abdi negara, dengan tugas pokok melayani masyarakat. Semoga dengan adanya tambahan gaji ke-14 kualitas pelayanan kepada masyarakat terus meningkat.
No comments:
Post a Comment